Senin, 19 September 2016

Kolesterol Jahat Picu Penurunan Kognitif

WolipopDetik.Xyz, Jakarta: Membran sel dalam tubuh terdiri dari 30 persen kolesterol. Kolesterol baik (HDL) memiliki peran penting dalam membangun, dan memelihara membran agar tetap berfungsi dengan baik.

Sebaliknya, kolesterol jahat (LDL) merupakan penyebab plak yang dapat menyumbat arteri, serta meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Kolesterol Jahat Picu Penurunan Kognitif
Kolesterol Jahat Picu Penurunan Kognitif (Video Source : metrotvnews.com)
Belum lama ini, peneliti dari Leiden University Medical Center, Belada melihat korelasi antara LDL dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir. Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Circulation ini melihat efek fluktuasi kolesterol pada kinerja kognitif.

Para peneliti melakukan tes terhadap 4.428 peserta berusia 70 - 82 tahun yang berasal dari Skotlandia, Belanda, dan Irlandia. Para peserta adalah orang - orang yang memiliki risiko tinggi untuk menderita penyakit pembuluh darah.

Baca :
  1. Jasa Video Shooting Kota & Kabupaten tegal (Pasti.In)
  2. Info Tegal Terbaru a.k.a TegalHits (SlawiAyu.Com)

Tes kognitif menilai konsentrasi serta kecepatan peserta dalam menangkap informasi.

Setelah diamati, peserta yang memiliki kolesterol tinggi butuh 2,7 detik lebih lama untuk menyelesaikan tes konsentrasi dibandingkan peserta dengan LDL lebih rendah, demikian dilansir Medical News Today.

Selain itu, aliran oksigen pada individu dengan variabilitas LDL tinggi ternyata lebih sedikit.

Sementara lewat scan MRI, tampak otak peserta dengan LDL tinggi menunjukkan tanda penuaan. Hal ini, erat hubungannya dengan penurunan kognitif.

Adapun kolesterol dalam tubuh tiap inividu berbeda - beda, bergantung pada olahraga, diet, obat - obatan yang dikonsumsi, serta riwayat penyakit.
 

Sumber : http://rona.metrotvnews.com/read/2016/07/20/557722/kolesterol-jahat-picu-penurunan-kognitif

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon