Senin, 19 September 2016

Ledakan Ganda ISIS Tewaskan 80 Orang di Kabul

WolipopDetik.Xyz, Kabul: Ledakan ganda yang melanda sebuah acara demonstrasi damai oleh kaum minoritas Syiah Hazara menewaskan sedikitnya 80 orang dan melukai 230 lainnya di Kabul, Afghanistan, Sabtu (23/7/2016). 

Tayangan televisi lokal memperlihatkan banyak jasad bergelimpangan di jalanan, dekat dengan acara demonstrasi ribuan Hazara di rute perencanaan pembangunan jaringan listrik bernilai jutaan dolar AS. 

Ledakan Ganda ISIS Tewaskan 80 Orang di Kabul
Ledakan Ganda ISIS Tewaskan 80 Orang di Kabul (Video Source : metrotvnews.com)
"Dua militan dari Islamic State meledakkan sabuk peledak di sebuah perkumpulan Syiah di kota Kabul di Afghanista," ujar pernyataan singkat dari Amaq, kantor berita terafiliasi ISIS, seperti dilansir Reuters

Jika serangan ini dikonfirmasi pemerintah benar - benar dilakukan ISIS, maka akan menjadi eskalasi besar bagi grup ekstremis tersebut di Afghanistan yang selama ini biasa beraksi di provinsi Nangarhar. 

Baca :
  1. Jasa Projek Skripsi & KP Murah (PastiIn Bimbel)
  2. AGC Blogspot Paling Hebat Untuk Adsense (Blogspot)

Selama ini ISIS hampir selalu menyerang Syiah yang dianggap mereka sebagai aliran sesat. 

Direktorat Nasional untuk Keamanan Afghanistan (NDS) menduga serangan direncanakan seseorang bernama Abu Ali, seorang militan ISIS yang berbasis di distrik Achin, Nangarhar. NDS juga mengatakan tiga pelaku lainnya terlibat dalam serangan ini. 


Korban luka bom ganda ISIS di Kabul. (Foto: Reuters)

Hazara, kaum minoritas berbahasa Persia, diestimasi berjumlah sekitar 9 persen dari total populasi Afghanistan. Hazara telah lama mengalami diskriminasi dan ribuan dari mereka tewas dalam periode serangan Taliban. 

"Kami sedang menggelar demonstrasi damai dan saya mendengar suara ledakan. Semua orang berlari dan berteriak," ujar Sabira Jan, salah seorang peserta acara. "Tidak ada orang yang menolong kami."

Taliban, kelompok teroris yang merupakan musuh ISIS, membantah terlibat dalam serangan ini. Dalam pernyataan di situsnya, Taliban menyebut serangan ISIS ini adalah "plot untuk memicu perang sipil."

Serangan terburuk terhadap Hazara terakhir terjadi pada Desember 2011, saat 55 orang tewas di Kabul saat acara festival Ashura. Serangan itu diklaim dilakukan grup ekstremis bernama Lashkar - e - Jhangvi.


Minoritas Hazara kerap mengalami diskriminasi di Afghanistan. (Foto: Reuters)

Sumber : http://internasional.metrotvnews.com/read/2016/07/24/559381/ledakan-ganda-isis-tewaskan-80-orang-di-kabul

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon