Rabu, 13 Juli 2016

Ahli Astronomi Temukan Awan Air di Luar Tata Surya

WolipopDetik.Xyz: Para ahli astronomi mengatakan, mereka berhasil menemukan awan air di luar tata surya di mana bumi berada. Kali ini adalah pertama kalinya penemuan seperti ini terjadi. 

Awan uap air ini ditemukan 7,2 tahun cahaya dari bumi di sebuah brown dwarf - sebuah bintang dengan massa rendah - yang disebut WISE 0855. Ia disebutkan sebagai objek paling dingin yang ada di luar tata surya kita dan memiliki karakteristik serupa Jupiter.

Ahli Astronomi Temukan Awan Air di Luar Tata Surya
Ahli Astronomi Temukan Awan Air di Luar Tata Surya (Video Source : metrotvnews.com)
"Suhunya yang sangat rendah membuatnya menjadi objek pertama selain bumi, Mars, Jupiter dan Saturnus yang memiliki awan air dalam atmosfernya," tulis para peneliti dalam laporan mereka yang dipublikasikan di Astrophysical Journal Letters di bulan Mei lalu. Sekelompok ahli astronomi dari University of California di Santa Cruz menjadi pemimpin dari penelitian ini. 

Menurut Huffington Post, WISE 0855 pertama kali dilihat oleh WISE (Wide - field Infrared Survey Explorer) milik NASA di tahun 2014. Namun, para peneliti baru dapat mengambil gambar spektrum inframerah dari objek luar angkasa tersebut belum lama ini. Untuk melakukan itu, para peneliti melakukan observasi selama 13 malam dan sekitar 14 jam menggunakan teleskop Gemini - North dan Gemini Near Infrared Spectograph di Hawaii.

Baca :
  1. PastiIn Developer, Video Shooting, & Bimbingan Belajar Programming (www.pasti.in)
  2. Official Development PastiIn - Tegal (Official Development)

Spektrum inframerah yang berhasil ditangkap ini mengonfirmasi bahwa objek luar angkasa dengan suhu rendah itu memiliki awan air. Selain itu, Assistant Professor of Astronomy and Astrophysics di UC Santa Cruz, Andrew Skemer juga menyebutkan, spektrum inframerah tersebut memberikan para peneliti informasi baru terkait WISE 0855 dan juga Jupiter.

"Spektrum kami menunjukkan bahwa WISE 0855 didominasi oleh uap air dan awan dan memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Jupiter," kata Skemer. "Sekarang kita telah mendapatkan spektrum, kita dapat mulai belajar apa yang sebenarnya terjadi dalam obyek luar angkasa itu."

Selain banyaknya uap air, Jupiter dan WISE 0855 juga memiliki suhu yang mirip. WISE 0855 memiliki suhu sekitar 250 derajat Kelvin (23 derajat Celsius) sementara Jupiter memiliki suhu 130 derajat Kelvin ( - 143 derajat Celsius).

Satu hal yang membedakan brown dwarf itu dengan Jupiter adalah karena ia memiliki atmosfer yang lebih stabil dari Jupiter. Hal ini disebabkan karena ia tidak menyerap gas beracun phosphine seperti yang terjadi pada Jupiter. WISE 0855 memiliki ukuran lebih 5 kali lebih besar dari Jupiter.

Penemuan ini membuat perbedaan antara planet dan brown dwarf menjadi semakin mengabur. Brown dwarf sendiri sering disebut sebagai "bintang gagal". Hal ini karena ia memiliki ukuran yang lebih kecil dari bintang tapi lebih besar dari planet. Menurut penjelasan NASA di situsnya, hal inilah yang memungkinkan brown dwarf melakukan fusi nuklir yang membuat sebuah bintang bersinar.

Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/07/11/554029/ahli-astronomi-temukan-awan-air-di-luar-tata-surya

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon