Selasa, 19 Juli 2016

Amnesti Pajak Kalahkan Sentimen Brexit

WolipopDetik.Xyz, Jakarta: Direktur Pengembangan Bisnis Manulife Asset Management, Putut Andanawarih menuturkan UU Tax Amnesty mengalahkan sentimen Brexit bagi perekonomian dan pasar finansial di Indonesia.  

Dia sempat menilai kondisi ini akan memicu volatilitas jangka pendek, dan berdasarkan pengalaman masa lalu, ketika volatilitas meningkat, permintaan untuk aset safe haven juga akan meningkat yang pada akhirnya akan melemahkan nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Amnesti Pajak Kalahkan Sentimen Brexit
Amnesti Pajak Kalahkan Sentimen Brexit (Video Source : metrotvnews.com)
Dia menilai ini berakibat kepada sentimen di pasar keuangan karena eksposur perdagangan Indonesia ke Uni Eropa tidak besar (ekspor sebesar tiga persen dari PDB atau 10 persen dari total ekspor Indonesia). Dari sisi tersebut, dampak Brexit terhadap perekonomian Indonesia cenderung minim.

"Pada akhirnya investor akan kembali kepada fundamental, mari kita fokus pada hal ini. Walaupun keraguan atas tertekannya belanja pemerintah sempat mengemuka, disetujuinya skema pengampunan pajak yang telah lama ditunggu menjadi katalis positif," kata dia, Minggu (17/7/2016). 

Baca :
  1. Jasa Projek Skripsi & KP Murah (PastiIn Bimbel)
  2. Info Tegal Terbaru a.k.a TegalHits (SlawiAyu.Com)

Setelah UU Tax Amnesty diberlakukan, aliran modal asing memperkuat laju indeks dan rupiah. Rupiah berangsur - angsur menguat dengan penguatan terbaik pada level Rp13.073 pada 14 Juli, serta indeks menyentuh level 5.133 pada 13 Juli. 

Tentu butuh kelanjutan dari program ini yang dananya bisa bisa dimanfaatkan untuk sejumlah program - program infrastruktur yang berjalan lancar, serta ditopang dengan konsumsi rumah tangga yang stabil, inflasi yang terjaga.

Kondisi ini membuat Bank Indonesia (BI) dapat leluasa melakukan pelonggaran moneter dan meningkatkan stimulus untuk membangkitkan perekonmian indonesia pada semester kedua tahun ini. 

"Katalis - katalis ini akan menopang baik pasar saham maupun pasar obligasi Indonesia," jelas dia. 


Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2016/07/17/556452/amnesti-pajak-kalahkan-sentimen-brexit

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon