Selasa, 19 Juli 2016

Belum Bermasalah, Kemenkominfo tak Blokir Pokemon Go

Metrotvnews,com, Jakarta: Permainan Pokemon Go tengah digandrungi dunia. Masyarakat Indonesia tidak luput dari mewabahnya permainan yang memanfaatkan teknologi AR (Augmented Reality).

Kementerian Komunikasi dan Informatika turut mengapresiasi maraknya Pokemon Go di Indonesia. Menurut Humas Kemenkominfo Ismail Cawidu, Pokemon Go merupakan perpaduan perkembangan teknologi dengan kreativitas.

Belum Bermasalah, Kemenkominfo tak Blokir Pokemon Go
Belum Bermasalah, Kemenkominfo tak Blokir Pokemon Go (Video Source : metrotvnews.com)
"Ini kan perpaduan teknologi dan kreativitas, harus kita apresiasi," ungkap Ismail saat dihubungi WolipopDetik.Xyz, Kamis (17/4/2016) malam.

Sementara itu, soal imbauan dari Polri kepada para pemain Pokemon Go untuk berhati - hati juga dinilai tidak terlalu berlebihan. Ismail menganggap, imbauan dari Polri hal yang lumrah.

Baca :
  1. Berita Seputar Kota Slawi dan Tegal (SlawiAyu)
  2. Info Tegal Terbaru a.k.a TegalHits (SlawiAyu.Com)

Terkait isu pemblokiran aplikasi Pokemon Go di Indonesia, Kemenkominfo membantah hal tersebut. Selama penggunaan aplikasi permainan menangkap Pokemon itu tidak bermasalah, Kemenkominfo tidak akan memblokir.

"Kami belum melihat ada sesuatu yang dilanggar. Kalau ada sesuatu yang dilanggar pun harus menunggu adanya aduan dari masyarakat. Sepanjang berjalan sesuai koridor tidak masalah," tutur dia.

Hal - hal yang dilanggar itu, jelas Ismail, jika dalam aplikasi tersebut terdapat konten pornografi, SARA, atau kekerasan terhadap anak. Namun, sejauh ini Kemenkominfo tidak menemukan adanya indikasi tanda - tanda tersebut.

Di negara lain, demam Pokemon Go mulai menunjukan dampak negatif. Kecelakaan di jalan raya lantaran pengendara memainkan Pokemon Go ditemukan.

Selain itu, kelompok bersenjata juga menggunakan game ini untuk memancing pengguna ke tempat tertentu untuk dirampok. Meskipun kejadian ini tidak banyak terjadi, tapi tetap jadi kekhawatiran yang nyata.

Terkait kejahatan di luar negeri yang memanfaatkan aplikasi Pokemon Go, pihak Kemenkominfo mengaku belum berkoordinasi dengan aparat keamanan. Namun begitu, Ismail memastikan akan segera berkoordinasi dengan Polri untuk mencegah hal serupa terjadi di Indonesia.

"Kalau untuk penggunaan kejahatan itu masalah polisi. Dengan adanya informasi seperti ini, Kominfo akan melakukan koordinasi dengan kepolisian," tutur dia.

Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/07/15/555614/belum-bermasalah-kemenkominfo-tak-blokir-pokemon-go

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon