Selasa, 19 Juli 2016

Ada Celah Keamanan Windows via Printer

WolipopDetik.Xyz: Celah keamanan siber baru - baru ini ditemukan pada OS Microsoft Windows lewat printer yang terhubung jaringan. Menurut peneliti keamanan Vectra Networks, celah ini sudah ada di sistem operasi tersebut selama 20 tahun.

"Celah keamanan ini memungkinkan penyerang (hacker) memanipulasi mana saja perangkat bersistem operasi Windows yang terhubung dengan printer via jaringan," seperti yang dikutip langsung dari keterangan resmi CSO of Vectra Networks, Günter Ollmann.

Ada Celah Keamanan Windows via Printer
Ada Celah Keamanan Windows via Printer (Video Source : metrotvnews.com)
"Mayoritas perangkat memerlukan izin administrator sebelum memasang software ke dalam sebuah perangkat. Dan hacker bisa melewati batasan ini lewat driver untuk printer yang digunakan."

Ia juga melanjutkan, begitu satu perangkat berhasil terinfeksi, hacker dengan mudah menyebarkan malware yang sudah ditanam ke semua perangkat lain yang telah terhubung. Lebih tepatnya, malware tersebut dengan cepat menyebar ke perangkat lain yang terhubung dengan printer sharing dalam satu jaringan kantor.

Baca :
  1. Official Development PastiIn - Tegal (Official Development)
  2. AGC Blogspot Paling Hebat Untuk Adsense (Blogspot)

Permasalahan yang muncul adalah printer merupakan komponen yang kurang mendapatkan perhatian untuk pengembangan dari segi software.

Biasanya, software atau driver yang tersedia lebih berfokus pada penerapan maksimal dari satu printer. Oleh karena itu, jarang sekali printer mendapatkan update software yang berhubungan dengan keamanan.

Menurut Tripwire, Microsoft telah merilis update untuk Windows demi menutupi celah keamanan ini. Microsoft menyebutkan, mereka telah memperbaiki sistem Print Spooler, dan memberikan peringatan kepada pengguna jika pihak yang ingin memasang driver tanpa izin.

Masalah berikutnya yang dihadapi adalah tidak banyak pengguna printer sharing yang benar - benar memperhatikan pemberitahuan itu, dan cenderung langsung menutup notifikasi peringatan ketika mereka menemukannya.



Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/07/15/555756/ada-celah-keamanan-windows-via-printer

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon