Rabu, 13 Juli 2016

Coolpad Max, Layar Lebar Terganggu Lag

WolipopDetik.Xyz, Jakarta: Ponsel layar besar masih menarik perhatian konsumen terutama kaum perempuan. Kemudahan dalam mengakses menu berkat ikon yang cenderung lebih besar dan renggang menjadi salah satu daya tarik yang dihadirkan oleh perangkat berlayar besar.

Tidak ingin ketinggalan dengan merek ternama, Coolpad turut menghadirkan perangkat dengan ukuran layar lebih dari 5 inci. Untuk pasar Indonesia, Coolpad menghadirkan dua perangkat berlayar besar tersebut, yaitu Coolpad Max dan Coolpad Max Lite. Kali ini, kami mengulas Coolpad Max.

Coolpad Max, Layar Lebar Terganggu Lag
Coolpad Max, Layar Lebar Terganggu Lag (Video Source : metrotvnews.com)
 DesainSebagai ponsel unggulan, Coolpad membekali Max dengan desain elegan dalam balutan bahan metal dan mengusung teknologi anti - coating fingerprint. Selain pada bodi, bekal teknologi ini juga terdapat pada layar, menjadikan perangkat ini cenderung tidak mudah kotor akibat noda sidik jari, dalam kondisi tangan tidak terlalu lengket.



Baca :
  1. Info Tegal Terbaru a.k.a TegalHits (SlawiAyu.Com)
  2. Official Development PastiIn - Tegal (Official Development)

Kesan elegan juga dihadirkan melalui sudut - sudut membulat, serta dukungan panel layar 2.5D. Tidak hanya elegan, panel juga mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan saat diusap dari tepi layar ke arah dalam.

Namun, bahan metal yang membalut perangkat ini terasa sedikit licin, sehingga sering kali menimbulkan kekhawatiran akan terlepas dari genggaman saat tengah digunakan, dengan satu atau dua tangan. Sementara itu, mengusung desain minim tombol fisik, sekilas tampilan perangkat ini menyerupai ponsel cerdas terbaru Apple, iPhone 6s Plus.

Tidak hanya karena  dimensi cukup besar, kesamaan juga terlihat pada garis hitam yang terdapat di bagian belakang atas dan bawah perangkat. Perbedaan pada bagian belakang terlihat pada sensor pemindai sidik jari, yang umumnya tersemat logo Apple pada iPhone, serta penempatan kamera dan lampu flash.



Selain sensor sidik jari serta kamera dan lampu flash di bagian belakang, Anda juga dapat menemukan slot micro USB standar di sisi bawah perangkat, diapit oleh dua speaker. Namun, hanya satu dari gril ini yang benar - benar berfungsi, yaitu di sebelah kiri, sedangkan di sebelah kanan hanya berfungsi sebagai pemanis.

Sementara di sisi kanan perangkat, terdapat slot Nano SIM ganda, dengan slot SIM terdepan juga dapat digunakan sebagai slot untuk micro SD, mendampingi tombol daya. Anda dapat menemukan tombol volume di sisi kiri perangkat, dan jack audio 3,5mm di sisi atas.

 Software & AntarmukaCoolpad Max hadir dengan dukungan sistem operasi 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka pengguna khasnya, Cool UI. Untuk perangkat ini, Coolpad Max hadir dengan tampilan bertema warna emas, yang ditujukan untuk mendukung kesan elegan yang diusung desainnya. Namun, tema ini cenderung redup, sedikit menyulitkan saat digunakan pada kondisi pencahayaan redup atau tidak bersinggungan dengan cahaya matahari.



Beberapa aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan WhatsApp juga akan hadir dengan tema warna yang sama saat telah terpasang. Coolpad Max juga hadir dengan sejumlah aplikasi bawaan, namun tidak mengganggu kapasitas penyimpanan yang disediakan.

Berbekal sensor pemindai sidik jari di bagian belakang perangkat, Coolpad Max hadir dengan bekal fitur pemindai sidik jari yang dapat digunakan sebagai kunci alternatif untuk layar ataupun untuk mengakses mode Private Space yang juga dihadirkan Coolpad pada perangkat ini.

Apa yang dipamerkan oleh Coolpad Max adalah penyimpanan dua profil yang terpisah, yang disebut Dual Isolation. Pengguna bisa menyimpan dua akun, yang terhubung dengan pengaturan Coolpad Max secara langsung. Fitur ini cocok untuk mereka yang memiliki lebih dari satu akun media sosial, misalnya akun pertama adalah murni pribadi, sedangkan akun kedua dipakai untuk keperluan pekerjaan. Pemisahan akun ini juga berdampak pada tampilan tema, foto, sampai video yang tersimpan. Akun pertama tidak akan bisa mengakses data yang tersimpan pada akun kedua.
 
KameraBerbekal kamera belakang 13MP dengan dukungan LED dual tone, perangkat ini mampu menghadirkan hasil foto yang tergolong baik, baik pada kondisi pencahayaan cukup maupun redup. Kamera Coolpad Max juga telah dibekali dengan teknologi Auto Focus Phase Detection dan Image Stabilizations.





Hanya saja, pada kondisi pencahayaan redup, kamera perangkat ini beberapa kali lambat, sehingga obyek pada foto yang dihasilkan sedikit blur.

Sementara kamera depan 5MP juga cukup mampu menghadirkan hasil foto yang cukup baik, meski nosie masih terlihat, terutama pada foto yang dipotret dengan kondisi pencahayaan redup. Coolpad juga membekali kamera depan dengan fitur Beauty, dengan pengaturan kecerahan warna kulit, pembesaran mata, penirusan rahang, serta penghalusan kulit wajah, sesuai untuk penggemar foto selfie.






 Performa & BateraiDibekali dengan SoC Snapdragon 617 1.5GHz octa - core dan GPU Adreno 405, performa yang disuguhkan Coolpad  Max ini tergolong baik, yang terlihat saat memainkan game Ashpalt 8: Airbone. Namun, pada saat berpindah dari satu menu ke menu lain, perangkat beberapa kali mengalami lag. Selain itu, bodi perangkat juga cenderung cepat panas, meski digunakan dengan kondisi pemakaian standar.





Saat menonton konten video, baik dari ruang penyimpanan maupun via internet, mata kami dimanjakan oleh tampilan gambar dengan warna cerah, dan tergolong tajam. Namun, saat digunakan di bawah paparan cahaya matahari, tepian panel layar 2.5D yang diusungnya cukup mampu memantulkan sinar matahari, membuat saya  beberapa kali harus memicingkan mata.

Dukungan teknologi Gorilla Glass 4 pada layar cukup mampu mengurangi kekhawatiran saya saat menyimpannya bersamaan dengan kunci atau benda yang sedikit tajam. Sensitivitas layar terkadang mengganggu karena saat disimpan disaku, ponsel sering kali secara tidak sengaja mengakses kamera dan memotret.

Pada pengujian Mozilla Kraken, Coolpad max memperoleh nilai 15.245,3 ms. Untuk urusan baterai, Coolpad Max mampu bertahan selama lebih dari 8 jam pada kondisi penggunaan aktif, dan selama sedikit lebih dari 10 jam pada kondisi penggunaan standar. Coolpad juga membekali perangkatnya ini dengan fitur hemat daya.

 KesimpulanCoolpad hadir dengan desain menawan dan elegan, serta suguhan performa baik meski belum memuaskan. Dukungan sejumlah fitur menarik seperti Dual Isolation cukup mampu menarik perhatian, meski kesan elegan tidak terdukung oleh kenyamanan saat menggenggam perangkat.

    Coolpad Max Prosesor Qualcomm Snapdragon 617 1,5GHz octa - core RAM 4GB OS CoolUI (Android 5.1.1 Lollipop) GPU Adreno 405 Memori Internal 64GB Kamera 13MP (belakang), 5MP (depan) Dimensi 152 x 75,7 x 6,9 mm Bobot 170 gram Baterai 2.800 mAh Layar 5,5 inci 1920 x 1080 pixel Harga Rp4.999.000  Coolpad Max
 
7,9
Desain elegan dan kokoh Fitur menarik Baterai tahan lama
Bodi yang agak licin Lag beberapa kali terasa Cepat panas
Bagaimana Kami Menguji.