Sabtu, 16 Juli 2016

MIT Buat Robot untuk Bantu Persalinan

WolipopDetik.Xyz: Divisi Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory MIT percaya, robot dapat memiliki peranan penting dalam bidang persalinan. Hingga saat ini, pemanfaatan robot di industri kesehatan masih mecakup tugas sederhana seperti memberikan obat.

Menurut CNN, selama dua tahun terakhir, para peneliti di divisi ini berupaya agar robot dapat dimanfaatkan sebagai lebih dari sekadar pendamping. Para peneliti lalu melakukan eksperimen untuk mengetahui apakah sebuah robot dapat dijadikan sebagai perawat ahli, yaitu robot di unit persalinan yang juga bertugas untuk memberikan tugas pada perawat lain terkait penanganan pasien.

MIT Buat Robot untuk Bantu Persalinan
MIT Buat Robot untuk Bantu Persalinan (Video Source : metrotvnews.com)
Dalam penelitian tersebut, peneliti melatih robot bernama Nao untuk mempelajari cara membuat jadwal perawat serta memahami alasan di balik keputusan tersebut dan membandingkannya dengan berbagai alternatif lain. Robot itu juga dilatih untuk memperhitungkan kompleksitas perawatan pasien yang ditugaskan kepada perawat tertentu.

Setelah itu, para peneliti lalu membiarkan robot Nao memberikan saran kepada dokter dan perawat di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, Amerika Serikat. Di Beth Israel, seorang perawat ahli bertanggung jawab atas 10 perawat, 20 pasien, dan 20 ruangan di saat bersamaan.

Baca :
  1. Jasa Projek Skripsi & KP Murah (PastiIn Bimbel)
  2. Portal Informasi Attijani Indonesia Terlengkap (AtTijani)

Selama penelitian, 90 persen saran yang diberikan oleh robot Nao memang dilakukan oleh dokter dan perawat. Menurut profesor MIT, Julie Shah, terdapat dua kegunaan utama dari teknologi ini, yaitu sebagai alat pelatihan untuk calon perawat dan membantu mereka mengambil keputusan lebih baik di dunia kesehatan, terutama divisi persalinan.

Pada penelitian pertama, peneliti memanfaatkan komputer untuk memberi saran pada para perawat. Kemudian, mereka menggunakan robot. Mereka ingin mengetahui apakah ada perbedaan keputusan yang diambil ketika pemberi saran adalah komputer dan robot.

Shah menyebutkan, dia tidak melihat adanya ketergantungan berlebihan dari perawat terhadap robot. Untuk robot persalinan, dia ingin memperluas cakupan penelitian ke unit persalinan lain di rumah sakit berbeda.

Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/07/12/554444/mit-buat-robot-untuk-bantu-persalinan

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon