Kamis, 14 Juli 2016

Rahasia Roti Empuk

WolipopDetik.Xyz, Jakarta: Anda suka membuat roti? Ingin tahu kesuksesan membuat roti? Beberapa waktu lalu, Chef Chairil Ichwan, kepala pengajar Bogasari Baking Center (BBC) Puspita, Ruko Pasar Modern, Blok R 83A, R 85 - 86 Sektor 1.2 BSD Serpong, berbagi berbagai rahasia dan trik dalam membuat kue dan roti kepada wartawan yang mengikuti pelatihan.

Salah satunya tidak mencampurkan garam dan ragi. Garam akan membuat ragi mati dan roti tidak mengembang.

Rahasia Roti Empuk
Rahasia Roti Empuk (Video Source : metrotvnews.com)
"Garam dan butter harus dicampurkan paling akhir. Reaksi garam dengan ragi akan membuat ragi mati dan tidak berfungsi apa - apa. Ragi akan membuat roti mengembang," ujar Chef Chairil.

Kiat lain ialah pemilihan terigu. Ada terigu tinggi protein dan rendah protein dengan fungsi masing - masing.Tepung terigu tinggi protein baik digunakan membuat mi, sedangkan terpung terigu rendah protein paling tepat membuat makanan yang digoreng.

Baca :
  1. Official Development PastiIn - Tegal (Official Development)
  2. Jasa Video Shooting Kota & Kabupaten tegal (Pasti.In)

Namun, itu tidak berlaku mutlak. Anda boleh mencampur kedua jenis tepung itu untuk menemukan formula yang tepat. "Akan tetapi, kalau ingin roti yang mengembang baik, besar, dan kenyal, pilih tepung dengan protein tinggi," kata dia.

Apakah yang menjadikan kue atau roti enak? Hal itu langsung dijawab Chef Chairil, yakni lemak. Lemak ialah bahan yang bisa membuat kue menjadi enak. Lemak bisa berasal dari butter hingga shortening.

"Ya jelas kalau pakai butter pasti enak jika dibandingkan dengan margarin atau shortening. Ciri shortening itu kalau dikonsumsi akan membuat lengket di lidah, ini biasa dijumpai pada produk dengan harga yang murah," kata dia.

Selain itu, bagi Anda yang membuat kue kering, seperti nastar, tentunya kerap menggunakan kuning telur untuk olesannya. Chef Chairil menyarankan, untuk hemat, Anda bisa mencampur kuning telur dengan susu kental manis atau madu dan minyak goreng. Komposisi itu akan mengikat dan membuat permukaan nastar yang dipoles kuat dan mengilat. "Hanya saja mesti dipoles dua kali," kata dia.

Polesan yang pertama dilakukan setelah nastar dibakar dalam oven selama 15 menit, angkat, dan kemudian dinginkan. Poles dua kali di satu sisi dan mulai lagi dari awal. Bakar kembali selama 10 menit dengan suhu 160 derajat celsius. Berikut, kami beri resep membuat Roti Manis. (Media Indonesia/Eno/M - 4)

Sumber : http://rona.metrotvnews.com/read/2016/06/28/548954/rahasia-roti-empuk

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon