Minggu, 21 Agustus 2016

Ini Penyebab Target Kementerian ESDM Tidak Tercapai

Metrovnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengakui hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) 2015 sektor ESDM memang banyak yang tidak mencapai target.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, tidak tercapainya target - target tersebut karena dua faktor yakni internal dan eksternal. Khusus eksternal, Sudirman menggarisbawahi, faktor ini yang paling sulit untuk dikendalikan.

Ini Penyebab Target Kementerian ESDM Tidak Tercapai
Ini Penyebab Target Kementerian ESDM Tidak Tercapai (Video Source : metrotvnews.com)
"Apabila dilihat keseluruhan sebagian target pada strategis belum tercapai di 2015. Secara internal kita perbaiki signifikan. Tapi eksternal faktor yang tidak bisa kita kendalikan," kata Sudirman, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Sudirman menyebutkan faktor eksternal yang tidak bisa dikendalikan adalah perlambatan ekonomi global dan terus merosotnya harga komoditas ke level rendah seperti energi migas, minerba, dan mineral lain. Rendahnya harga komoditas ini yang menyebabkan menurunnya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor energi.

Baca :
  1. Berita Seputar Kota Slawi dan Tegal (SlawiAyu)
  2. Official Development PastiIn - Tegal (Official Development)

"Satu perlambatan ekonomi yang berakibat pada harga komoditas rendah baik itu energi migas minerba bahkan sampai mineral lain - lainnya. Itu yang menyebabkan PNBP sektor energi turun sangat rendah," jelas dia.

Namun demikian, mantan Direktur Utama PT Pindad ini menambahkan, Kementerian ESDM sudah melakukan upaya untuk meminimalisir penyebab dari faktor - fakor tersebut. Salah satunya adalah melakukan percepatan tender sehingga penyediaan infrastruktur yang ditargetkan dalam APBN tercapai tahun ini.

"Di 2016 kita memajukan percepatan tender. Awal tahun kontrak ditandatangani. Hal - hal serapan kita kalau diukur dari APBN yang awal yaitu 28,5 persen itu sedikit meleset target. Tapi ini sejalan, karena biasanya Juli itu belasan persen. September - Oktober masih tender," pungkas dia.

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2016/07/26/560374/ini-penyebab-target-kementerian-esdm-tidak-tercapai

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon