Rabu, 10 Agustus 2016

Titik Cerah Pengobatan Glaukoma

WolipopDetik.Xyz, Jakarta: Para ilmuwan mulai menemukan titik terang untuk pengobatan penyakit mata glaukoma yang hingga kini belum ada obatnya. Mereka melakukan percobaan terhadap tikus yang memiliki karakteristik penyakit tersebut, dan berhasil memulihkannya.

Glaukoma disebabkan karena adanya peningkatan tekanan pada saraf optik. Penyakit ini menjadi penyebab kedua kebutaan, dan telah memengaruhi kehidupan 70 juta orang di seluruh dunia.

Titik Cerah Pengobatan Glaukoma
Titik Cerah Pengobatan Glaukoma (Video Source : metrotvnews.com)
Penelitian ini dipimpin Dr Andrew Huberman, Profesor Neurobiologi dari Universitas Stanford. Penelitian juga melibatkan penulis dari Universitas Harvard dan Utah State University.

Bagaimana mekanisme pengobatan glaukoma?

Baca :
  1. Jasa Projek Skripsi & KP Murah (PastiIn Bimbel)
  2. Informasi Terbaru Seputar Teknologi Mutakhir (DetikInet)

Peneliti memasangkan kabel saraf optik yang berfungsi mengirimkan informasi visual dari mata ke otak. Huberman dan timnya juga mengidentifikasi bekas jalur saraf yang telah mati untuk menghubungkan kembali koneksi tersebut.

Kehilangan penglihatan permanen terjadi ketika ada kerusakan akson sel ganglion retinal. Dalam studi ini, peneliti mencoba merangsang kembali pertumbuhan akson tersebut.

Mereka melakukannya dengan mengekspos stimulasi visual kontras tinggi, dan memanipulasinya dengan biokimia agar terbentuk jalan yang berperan penting untuk regenerasi sel otak.

Tiga pekan setelah tes, para peneliti menganalisa metode mana yang bekerja paling baik. Secara individual, masing - masing pendekatan mengalami pertumbuhan akson yang sederhana. Tetapi ketika teknik digabungkan, peneliti mengamati pemulihan yang lebih besar. Setelah buta sebagian, tikus bisa melihat lagi.

Meskipun tikus melihat lebih baik setelah menjalani terapi gabungan, tidak semua tes visual dapat dilalui. Huberman dan timnya berencana mencoba memperbaiki sisa kerusakan antara mata dan otak agar pengobatan berlangsung lebih efektif.

"Untuk sekian lama, orang mencaritahu apakah neuron bisa diregenasi dan bagaimana langkah yang tepat untuk menghubungkannya dengan otak, dan kami menemukan, ternyata bisa," ungkap Huberman, seperti dilansir Time.

Sumber : http://rona.metrotvnews.com/read/2016/07/14/555182/titik-cerah-pengobatan-glaukoma

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon