Selasa, 19 Juli 2016

Ilmuwan Berhasil Buat Peta Alam Semesta 3D

WolipopDetik.Xyz: Peta dunia memang sudah sering dan mudah ditemukan dalam kehidupan sehari - hari, namun bagaimana dengan peta alam semesta?

Ilmuwan dari Brookhaven National Lab, Amerika Serikat, merilis sebuah peta tiga dimensi yang menggambarkan posisi berbagai bintang, galaksi, planet, serta objek luar angkasa lainnya. Peta tersebut juga diklaim sebagai peta terbesar yang pernah dibuat oleh manusia.

Ilmuwan Berhasil Buat Peta Alam Semesta 3D
Ilmuwan Berhasil Buat Peta Alam Semesta 3D (Video Source : metrotvnews.com)
Menurut Popular Science, peta yang memiliki lebih dari 1,2 juta titik posisi tersebut masih merupakan setitik dari besar alam semesta yang sesungguhnya. Peta ini juga tidak dirancang untuk para petualang yang ingin menjelajah luar angkasa, melainkan akan dijadikan acuan penelitian mengenai material gelap yang berada di luar angkasa.

"Hingga saat ini ilmuwan terus mempelajari apa yang ada di alam semesta ini. Berkat mereka, semuanya sedikit demi sedikit semakin jelas. Namun hingga saat ini juga, ilmuwan masih belum mengetahui apa itu material gelap (dark meterial). Padahal material gelap mencakup 95 persen bagian dari alam semesta," ujar salah satu peneliti dari Lawrence Berkeley National, David Schlegel.

Baca :
  1. Informasi Terbaru Seputar Teknologi Mutakhir (DetikInet)
  2. Official Development PastiIn - Tegal (Official Development)

Melalui peta ini Schlegel dan timnya berharap bisa menemukan sesuatu dari material gelap yang ada di luar angkasa. Penelitian akan dilakukan dengan cara mengamati perilaku objek luar angkasa yang ada di peta ini. Untuk itulah peta ini akan terus  mendapat update.

Penelitian sebelumnya mengatakan bila material gelap memiliki energi tersendiri. Energi tersebut yang juga menyebabkan alam semesta tidak hanya terus meluas, tetapi juga perluasannya semakin cepat. Hasil penelitian tersebut berhasil meraih hadiah Nobel di tahun 2011.

Sumber : http://teknologi.metrotvnews.com/read/2016/07/17/556493/ilmuwan-berhasil-buat-peta-alam-semesta-3d

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon