Sabtu, 16 Juli 2016

Kemacetan Brexit Pengingat Pembangunan Infrastruktur Jalan

WolipopDetik.Xyz, Jakarta: Kemacetan parah yang terjadi di pintu keluar tol Brebes timur menyentil pemerintah. Infrastruktur jalan yang belum memadai menjadi alasan kemacetan parah hingga 30 kilometer (km) dan menimbulkan korban jiwa.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengakui bahwa infrastruktur yang ada di Indonesia masih tak seimbang dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat. Di sisi lain, investasi pengusahaan jalan tol dari pihak swasta pun masih belum maksimal.

Kemacetan Brexit Pengingat Pembangunan Infrastruktur Jalan
Kemacetan Brexit Pengingat Pembangunan Infrastruktur Jalan (Video Source : metrotvnews.com)
"Pengalaman kekacauan kemarin dari macet total di Brebes Exit/pintu keluar tol Brebes timur itu jadi alarm bagi kita semua bahwa harus melakukan investasi besar - besaran dalam bidang infrastruktur (jalan)," ujar Sofyan di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (12/7/2016).

Diakuinya, pemerintah sebelumnya tidak membuka investasi swasta asing secara penuh terhadap pengusahaan jalan tol. Alhasil, swasta asing enggan untuk menanamkan modalnya dalam menggenjot pembangunan infrastruktur jalan, khususnya jalan tol.

Baca :
  1. AGC Blogspot Paling Hebat Untuk Adsense (Blogspot)
  2. Portal Informasi Attijani Indonesia Terlengkap (AtTijani)

Maka itu, dalam paket kebijakan ekonomi jilid X, pemerintah merevisi Daftar Negatif Investasi (DNI) yang sebelumnya diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2014. Dalam kebijakan itu, pemerintah mempersilahkan porsi kepemilikan asing terhadap pengusahaan jalan tol menjadi mayoritas hingga 100 persen.

"Penghambatnya memang banyak infrastruktur itu tidak pernah membuka investasi yang besar sekali. Periode kali ini kita mengeluarkan cukup banyak anggaran untuk infrastruktur yang salah satu terpenting adalah jalan dan lainnya seperti kereta api, pelabuhan, jembatan, dan bandara," paparnya.

Sofyan berpendapat ada faktor utama yang menyebabkan parahnya kemacetan di pintu keluar tol Brebes timur. Banyak pemudik ingin merasakan jalur baru tol Pejagan - Brebes Timur dan menganggap setelah keluar pintu tol Brebes Timur perjalanan akan lancar.

Banyaknya pemudik yang menjajal jalur baru tol Pejagan - Brebes timur tersebut, malah justru berakhir tragis. Volume kendaraan yang menumpuk ditambah jalur tol yang belum siap sepenuhnya karena masih belum terdapat tempat peristirahatan dan pom bensin, membuat jalur tol yang merupakan bagian dari proyek tol Pejagan - Pemalang itu macet total.

"Apa pun yang terjadi kemarin harusnya menjadi pelajaran berharga. Maka itu, Presiden memerintahkan untuk mempercepat jalan tol Jawa, itu salah satu cara mengatasi masalah (kemacetan)," pungkas Sofyan.
 

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2016/07/12/554395/kemacetan-brexit-pengingat-pembangunan-infrastruktur-jalan

Thanks you for reading my writing, you need to know that this is one of the blogs that I manage alone. Please do not use AdBlock for me to stay alive by writing blogs as you read.


EmoticonEmoticon